Rabu, 21 November 2012

TUGAS 3 BAHASA INDONESIA


CONTOH ARTIKEL :
1.   Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

2.  Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

TUGAS :

1.   Tentukan ragam bahasa artikel di atas!
2.  Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
3.  Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut. 
4.  Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.


JAWAB:
1.   Ragam bahasa pada artikel tersebut menggunakan Bahasa Baku dan Resmi  karena untuk setiap artikel ataupun karya tulis harus bersifat baku dan resmi. Contoh penggunaan bahasa baku dalam artikel tersebut adalah :
Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda.”

2.  Diksi ( pilihan Kata )
a)  user interface adalah tampilan antar muka pengguna. User interface berfungsi sebagai mediator antara user dengan komputer.
b) dashboard adalah Ruang kontrol.
c)  switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan
d)  electronic imaging adalah  suatu sistem fotografi menggunakan sensor ditempat sebelah lensa kamera untuk menerjemahkan gambar.
e)  integrasi adalah Berhubungan satu dengan yang lain.
f)  computer grafis adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.
g)  scanner adalah Suatu alat yang berfungsi untuk menyalin yang kemudian hasilnya akan ditransfer ke PC

3.  kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat)
a)     Pada Kalimat pertama no 1 
     "Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.” 

Untuk kalimat diatas apabila ingin menggunakan kata tanya misalnya “apa ” harus diakhiri oleh tanda tanya atau jika tidak ingin menggunakannya kata tanya bisa dihapus dan sebelum kata “yakin ” tidak menggunakan tanda koma, sehingga kalimat barunya
Pertama kali yang ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface) yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.”

b)    Artikel ke 2
·      ... diproses oleh computer. “ , “ ... ditransmisikan ke computer lain. “ dan ... dan computer grafis...   sebaiknya kata computer diganti dengan komputer.
·      ...dunia industry baru.. ” menjadi industri
Baris ke 3
Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain.
Mungkin sebaiknya koma diganti dengan kata penghubung
Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh komputer kemudian ditampilkan di monitor lalu disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain.

4. Topik dalam artikel
    Artikel 1 : Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.
Opini artikel 1 :
Disini dijelaskan fungsi dari layar monitor sebagaimana peranannya memudahkan pengguna untuk menggunakan komputer. Layar monitor juga teramasuk komponen terpenting untuk menjalankan komputer tanpa adanya monitor komputer tak memiliki fungsi.
Dari segi penulisan lebih baik kata “yakni” diganti dengan kata “yaitu”  dan pada kata “jembatan” seharusnya “penghubung”.

    Artikel 2 : Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.
    Opini artikel 2 :
Jadi salah satu kalimat dari artikel 2 ini, menjelaskan tentang bagaimana scanner atau scanner optic berfungsi dengan menggunakan alat sensor cahaya (optic). Tapi seharusnya disni juga seharusnya di tambahkan komputer sebagai komponen terpenting dalam menggunakan scanner tersebut. Fungsi dari scanner seharusnya bukan penterjemah tapi seharusnya, membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar.
Dari segi penulisan lebih baik mungkin sebelum kata “untuk” di sisipkan kata “berfungsi”.

Rabu, 07 November 2012

Tugas Kelompok 1 B. Indonesia


Tugas I
 Bahasa Indonesia #


 

Disusun oleh :

1.    Anisya Alishina                     (10110885)
2.    Citra Nurhanifah                  (11110613)
3.    Wisnu Sukma Darmawan   (18110561)


Kelas : 3 KA 03





UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2012/2013




EVOLUSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara.
Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.
Tidak berlebihan jika salah satu pakar IBM menganalogikannya dengan perkembangan otomotif sebagai berikut: “seandainya dunia otomotif mengalami kemajuan sepesat teknologi informasi, saat ini telah dapat diproduksi sebuah mobil berbahan bakar solar, yang dapat dipacu hingga kecepatan maximum 10,000 km/jam, dengan harga beli hanya sekitar 1 dolar Amerika !”.
Secara mikro, ada hal cukup menarik untuk dipelajari, yaitu bagaimana evolusi perkembangan teknologi informasi yang ada secara signifikan mempengaruhi persaingan antara perusahaan-perusahaan di dunia, khususnya yang bergerak di bidang jasa.
Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi, yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut (Cash et.al., 1992) terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.
Ahli-ahli manajemen dan organisasi seperti Peter Drucker, Michael Hammer, Porter, sangat mewarnai pandangan manajemen terhadap teknologi informasi di era modern.
Oleh karena itu dapat dimengerti, bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga), yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor-faktor budaya lokal atau setempat yang mempengaruhi behavior sumber daya manusianya.
Sehingga tidaklah heran jika masih sering ditemui perusahaan dengan peralatan komputer yang tercanggih, namun masih dipergunakan sebagai alat-alat administratif yang notabene merupakan era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.

ERA KOMPUTERISASI
Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan seperti IBM ke dunia industri. Kemampuan menghitung yang sedemikian cepat menyebabkan banyak sekali perusahaan yang memanfaatkannya untuk keperluan pengolahan data (data processing).
Pemakaian komputer di masa ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, karena terbukti untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, mempergunakan komputer jauh lebih efisien (dari segi waktu dan biaya) dibandingkan dengan mempekerjakan berpuluh-puluh SDM untuk hal serupa.
Pada era tersebut, belum terlihat suasana kompetisi yang sedemikian ketat. Jumlah perusahaan pun masih relatif sedikit. Kebanyakan dari perusahaan perusahaan besar secara tidak langsung “memonopoli pasar-pasar tertentu, karena belum ada pesaing yang berarti.
Hampir semua perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang infrastruktur (listrik dan telekomunikasi) dan pertambangan pada saat itu membeli perangkat komputer untuk membantu kegiatan administrasinya sehari-hari.
Keperluan organisasi yang paling banyak menyita waktu komputer pada saat itu adalah untuk administrasi back office, terutama yang berhubungan dengan akuntansi dan keuangan. Di pihak lain, kemampuan mainframe untuk melakukan perhitungan rumit juga dimanfaatkan perusahaan untuk membantu menyelesaikan problem-problem teknis operasional, seperti simulasi-simulasi perhitungan pada industri pertambangan dan manufaktur.

 
ERA TEKNOLOGI INFORMASI
Kemajuan teknologi digital yang dipadu dengan telekomunikasi telah membawa komputer memasuki masa-masa “revolusi”-nya. Di awal tahun 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer.
Dengan seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja (desktop), seorang manajer atau teknisi dapat memperoleh data atau informasi yang telah diolah oleh komputer (dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan mini computer, bahkan mainframe).
Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif. 
Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi “milik pribadi” Divisi EDP (Electronic Data Processing) pada suatu perusahaan, di era kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing (end-user computing).
Pemakaian komputer di kalangan perusahaan semakin marak, terutama didukung dengan alam kompetisi yang telah berubah dari monompoli menjadi pasar bebas. Secara tidak langsung, perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi komputer sangat efisien dan efektif dibandingkan perusahaan yang sebagian prosesnya masih dikelola secara manual.
Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa.
Teori-teori manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah mengenai manajemen perubahan (change management).
Hampir di semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan bisnis. 
Tidak seperti pada kedua era sebelumnya yang lebih menekankan pada unsur teknologi, pada era manajemen perubahan ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut.
Kunci dari keberhasilan perusahaan di era tahun 1980-an ini adalah penciptaan dan penguasaan informasi secara cepat dan akurat. Informasi di dalam perusahaan dianalogikan sebagai darah dalam peredaran darah manusia yang harus selalu mengalir dengan teratur, cepat, terus-menerus, ke tempat-tempat yang membutuhkannya (strategis).
Ditekankan oleh beberapa ahli manajemen, bahwa perusahaan yang menguasai informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif di dalam lingkungan makro “regulated free market”.
Di dalam periode ini, perubahan secara filosofis dari perusahaan tradisional ke perusahaan modern terletak pada bagaimana manajemen melihat kunci kinerja perusahaan. Organisasi tradisional melihat struktur perusahaan sebagai kunci utama pengukuran kinerja, sehingga semuanya diukur secara hirarkis berdasarkan divisi-divisi atau departemen.
Dalam teori organisasi modern, dimana persaingan bebas telah menyebabkan customers harus pandai-pandai memilih produk yang beragam di pasaran, proses penciptaan produk atau pelayanan (pemberian jasa) kepada pelanggan merupakan kunci utama kinerja perusahaan.
Keadaan ini sering diasosiasikan dengan istilah-istilah manajemen seperti “market driven” atau “customer base company” yang pada intinya sama, yaitu kinerja perusahaan akan dinilai dari kepuasan para pelanggannya. 
Sangat jelas dalam format kompetisi yang baru ini, peranan komputer dan teknologi informasi, yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi, SDM, budaya perusahaan, manajemen, dan komponen terkait lainnya, dalam membentuk sistem informasi yang baik, merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan secara strategis.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa kepuasan pelanggan terletak pada kualitas pelayanan. Pada dasarnya, seorang pelanggan dalam memilih produk atau jasa yang dibutuhkannya, akan mencari perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut:cheaper (lebih murah), better (lebih baik), dan faster (lebih cepat).
Disinilah peranan sistem informasi sebagai komponen utama dalam memberikan keunggulan kompetitif perusahaan. Oleh karena itu, kunci dari kinerja perusahaan adalah pada proses yang terjadi baik di dalam perusahaan (back office) maupun yang langsung bersinggungan dengan pelanggan (front office).
Dengan memfokuskan diri pada penciptaan proses (business process) yang efisien, efektif, dan terkontrol dengan baiklah sebuah perusahaan akan memiliki kinerja yang handal. 
Tidak heran bahwa di era tahun 1980-an sampai dengan awal tahun 1990-an terlihat banyak sekali perusahaan yang melakukan BPR (BusinessProcess Reengineering), re-strukturisasi, implementasi ISO-9000, implementasi TQM, instalasi dan pemakaian sistem informasi korporat (SAP, Oracle, BAAN), dan lain sebagainya. Utilisasi teknologi informasi terlihat sangat mendominasi dalam setiap program manajemen perubahan yang dilakukan perusahaan-perusahaan.


ERA GLOBALISASI INFORMASI
Belum banyak buku yang secara eksplisit memasukkan era terakhir ini ke dalam sejarah evolusi teknologi informasi. Fenomena yang terlihat adalah bahwa sejak pertengahan tahun 1980-an, perkembangan dibidang teknologi informasi (komputer dan telekomunikasi) sedemikian pesatnya, sehingga kalau digambarkan secara grafis, kemajuan yang terjadi terlihat secara eksponensial.
Ketika sebuah seminar internasional mengenai internet diselenggarakan di San Fransisco pada tahun 1996, para praktisi teknologi informasi yang dahulu bekerja sama dalam penelitian untuk memperkenalkan internet ke dunia industri pun secara jujur mengaku bahwa mereka tidak pernah menduga perkembangan internet akan menjadi seperti ini. 
Ibaratnya mereka melihat bahwa yang ditanam adalah benih pohon ajaib, yang tiba-tiba membelah diri menjadi pohon raksasa yang tinggi menjulang.
Sulit untuk ditemukan teori yang dapat menjelaskan semua fenomena yang terjadi sejak awal tahun 1990-an ini, namun fakta yang terjadi dapat disimpulkan sebagai berikut:
Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan teknologi informasi. Keberadaannya telah menghilangkan garis-garis batas antar negara dalam hal flow of  information.
Tidak ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer.
Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat.
Terbukti sangat sulit untuk menentukan perangkat hukum yang sesuai dan terbukti efektif untuk menangkal segala hal yang berhubungan dengan penciptaan dan aliran informasi. Perusahaan-perusahaan pun sudah tidak terikat pada batasan fisik lagi.
Melalui virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet. Sulit untuk dihitung besarnya uang atau investasi yang mengalir bebas melalui jaringan internet. Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money.
Tidak jarang perusahaan yang akhirnya harus mendefinisikan kembali visi dan misi bisnisnya, terutama yang bergelut di bidang pemberian jasa. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan perangkat canggih teknologi informasi telah merubah mindset manajemen perusahaan sehingga tidak jarang terjadi perusahaan yang banting stir menggeluti bidang lain.
Bagi negara dunia ketiga atau yang sedang berkembang, dilema mengenai pemanfaatan teknologi informasi amat terasa. Di suatu sisi banyak perusahaan yang belum siap karena struktur budaya atau SDM-nya, sementara di pihak lain investasi besar harus dikeluarkan untuk membeli perangkat teknologi informasi.

Sumber :




Pendapat :
Perkembangan komputer pada saat ini telah maju pesat. Dan juga telah mengubah sebagian besar perilaku manusia. Misalnya dalam penjualan barang mereka menggunakan fasilitas e-commerce yakni penjualan barang di dunia maya, di perusahaan mereka menerapkan system komputer dan sistem informasi dalam menjalankan program di perusahaannya. Kemajuan teknologi ini merupakan. Adanya kemajuan perkembangan komputer dari tahun ke tahun ini akan memudahkan para pengguna.
Pemilihan Kata ( diksi) dan Analisis diksi :
1.      Behavior = tingkah laku atau tabiat.
2.      Mainframe = komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar.
3.      Back office = orang atau sekelompok orang yang bertugas mengurusi laporan-laporan penjualan, keuangan maupun masalah administrasi dan tidak secara langsung melayani konsumen.
4.      Electronic Data Processing =  metode dalam suatu pemrosesan data komersial.
5.      Spreadsheet = lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom.
6.      Regulated free market  = mengendalikan prilaku manusia di pasar dengan aturan atau pembatasan, di mana seluruh keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah sukarela.
7.      Market driven = suatu pelaksanaan strategi untuk mendapatkan informasi tentang pasar sebagai basis informasi pemilihan, perumusan dan penerapan strategi.
8.      Customer base company = kelompok pelanggan dan / atau konsumen bahwa bisnis berfungsi.
9.      Front office =  orang atau sekelompok orang yang berurusan langsung dengan customer terkait dengan jasa yang ditawarkan.
10.  Business Process Reengineering =  pemikiran kembali secara fundamental dan perancangan kembali proses bisnis secara radikal, dihasilkan dari sumber daya organisasi yang tersedia.


Menurut kami terdapat beberapa pilihan kata yang kurang cocok digunakan dalam artikel ini :
1.      Jaman  seharusnya diganti  Zaman
2.      Pada kalimat sehingga tidaklah heran  dapat diganti dengan sehingga tidak mengherankan .
3.      Sehingga tidaklah heran jika masih, kata “sehingga” adalah kata hubung sebab-akibat yang tidak bisa diletakkan di awal kalimat.
4.      Mempengaruh behavior sumber daya manusianya, kata behavior diganti dengan tabiat.
5.      Kata desktop sebaiknya dihapus karena hanya sebagai pelengkap yang kurang efektif.
6.      Kata pengguna.a pada kata terakhir seharusnya dituliskan penggunanya
7.      Kata “Keempat era” ini belum jelas maksud apa yang dituju seharusnya disebutkan eranya itu apa saja sehingga kata menjadi efektif.


opini atau pendapat tentang kelebihan dan kekurangan artikel
1.      Kelebihan dari Artikel
§  Artikel diatas mempunyai tema yang sesuai dengan judul dan apa yang dibahas dalam artikel tersebut.
§  Banyak menggunakan istilah-istilah dibidang komputer.

2.      Kekurangan dari Artikel
§  Seharusnya dalam artikel ini memberikan alenia sehingga dapat dibedakan dimana awal dari paragraf barunya.
§  artikel ini adalah tidak memberikan arti dari istilah tesebut sehingga orang-orang kurang mengerti maksud dari kata tersebut.
§  Apabila mengutip suatu pernyataan ataupun kutipan artikel lain seharusnya menggunakan kutip agar dapat membedakan dari paragraf-paragraf lainnya.
§  Judul dari sub judul harus diberi nomor atau tanda sehingga dapat memperjelas bahwa sub judul tersebut adalah bagian dari judul utama artikel.




;;

By :
Free Blog Templates