Kamis, 21 Maret 2013

UBUNTU 12.10 Vs WINDOWS 8


A.   UBUNTU 12.10
Ubuntu berasal dari filosofi Afrika Selatan yang mempunyai arti rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia. Ubuntu adalah salah satu sistem operasi varian Linux yang  berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dan dapat dikatakan paling User Friendly. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia dan telah dipakai secara luas.
Pada 18 Oktober 2012, Ubuntu 12.10 resmi diluncurkan dan dapat diunduh di situs resmi Ubuntu. Ubuntu 12.10 menggunakan nama Quantal Quetzal yang merupakan rilis ke-17 dari sistem operasi Ubuntu yang akan mendapatkan dukungan selama 2 tahun ke depan hinggal April 2014. Dukungan ini berlaku bagi versi desktop maupun server.
Untuk pertama kalinya, Ubuntu tidak menghadirkan versi Live CD karena ukuran terkecil yang dapat diunduh melebihi kapasitas sekeping CD yang hanya 700 MB, sedangkan versi desktop 32-bit yang terkecil memiliki ukuran 753 MB.
Selain Ubuntu Dekstop dan Server, Quantal Quetzal hadir pula ke dalam beberapa edisi yang dirilis secara resmi yaitu Ubuntu Cloud Server, Ubuntu ARM, Ubuntu Netboot, Ubuntu Core, Ubuntu Studio, Edubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu dan Mythbuntu.
                                                            Tampilan Ubuntu 12.10


B.   WINDOWS 8
Windows 8 adalah versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem informasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server dan PC pusat media. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Pada 26 Oktober 2012, Windows 8 telah resmi diluncurkan. Microsoft pun menjamin para pengguna Windows 8 akan merasakan pengalaman yang sama bagi pengguna desktop, tablet maupun smartphone. Dengan kata lain, saat menggunakan di komputer meja, anda akan merasakan menggunakan sebuah tablet ataupun smartphone.

Gambar tampilan Windows 8

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada Windows 8, antara lain :
Kelebihan :
·         Penampilan lebih dinamis
·         Sistem pencarian data lebih universal
·         Ketersediaan dan kemudahan aplikasi pendukung
Kelemahan
·         Tidak adanya tombol Start dan Close X
·         Banyak file atau aplikasi tersembunyi


C.   Opini
Menurut saya setelah memahami penjelasan diatas, saya akan lebih memilih menggunakan Windows 8, dikarenakan Windows lebih mudah untuk dioperasikan dibandingkan dengan Ubuntu. Pengguna Windows pun lebih banyak. Tetapi Windows 8 lebih efektif jika digunakan pada tablet PC, Smartphone atau gadget lain yang menggunakan fitur touch screen (layar sentuh). Windows 8 dapat pula digunakan pada laptop, netbook ataupun komputer, hanya saja tidak dapat memaksimalkan penggunaan touch screen tersebut. Windows 8 tidak jauh berbeda dengan windows-windows sebelumnya. Yang membedakan hanya tampilan yang lebih dinamis dan memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi yang dibutuhkan.


Referensi :

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates