Selasa, 08 Oktober 2013

Contoh Produk Penerapan Telematika

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yaitu “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya system jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Kemampuan telematika adalah untuk mentrasmisikan jumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya.
Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sektor. Contoh-contoh penerapan telematika, yaitu e-government, e-commerce, e-learning, e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research dan masih banyak lagi yang dapat memberikan informasi. Selain bebasiskan web, telematika dapat pula berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya GPS (Global Position System) atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, 3G, 4G, atau system navigasi digital yang biasa digunakan oleh angkatan laut dan udara, serta teleconference. Contoh bentuk penerapan telematika yang akan dibahas adalah e-learning.
e-learning adalah system atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Globalisasi menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang cara mengajar yang menggunakan media internet berbasis web atau situs yang dapat diakses oleh pelajar ataupun mahasiswa/i. Dengan menggunakan teknologi telematika yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya dan dosen dengan para mahasiswa/i yang diajarnya. Dengan menggunakan e-learning dapat dilihat materi pembelajaran, nilai yang diperoleh atau jadwal kuliah secara online. Selain murid atau mahasiswa/I, portal e-learning dapat pula diakses oleh siapapun yang memerlukannya.
Keunggulan dari penggunaan e-learning :
[1]  Fleksibel dikarenakan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.
[2] Lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka.
[3] Mengurangi biaya untuk materi pembelajaran (buku atau fotokopi materi).
[4] Cara mengajarkan materi dan penguasaan materi yang berbeda, sehingga dapat memberikan standar kualitas yang lebih konsisten.
[5] Siswa dapat belajar dengan kemampuannya sendiri.
[6] Kecepatan pendistribusian materi pembelajaran yang meningkat tinggi.


Sumber :
-     http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
-     http://e-majalah.com/0508sucipto.html
-     http://makalahpedia.com/3285/teknologi/definisi-dan-pengertian-e-learning.html

0 Comments:

Post a Comment