Jumat, 03 Mei 2013

Cloud Computing


Cloud computing menurut Wikipedia adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Awan (cloud)  adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web.
Cloud computing telah berkembang sejak tahun 60-an berdampingan dengan perkembangan internet dan web. Pada tahun 1991 Salesforce.com menjadi pencetus pertama aplikasi perusahaan yang dijalankan teknologi Elastic Compute Cloud (EC2). Di tahun 2009, Google memulai menawarkan aplikasi berbasis browser melalui Google Appsnya, salah satunya adalah Google Docs yang sering kita gunakan. Sampai saat ini, cloud computing masih terus berkembang dengan pesat mengingat manfaatnya yang begitu besar jika teknologi ini digunakan. Menurut Jasmie Turner, perkembangan Cloud computing ini dipengaruhi oleh matangnya teknologi visual, perkembangan bandwith berkecepatan tinggi dan software yang bersikap universal
Cloud computing mempunyai 3 tingkatan layanan yang diberikan kepada pengguna, yaitu :
1.   Infrastructure as service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. Contohnya seperti Amazon Elastic Compute Cloud dan  Simple Storage Service.
2.  Platform as a service, hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini seorang developer tidak perlu memikirkan hardware dan tetap focus pada pembuatan aplikasi tanpa harus mengkhawatirkan sistem operasi, infrastructure  sealing, load balancing dan lain-lain. Contohnya yang sudah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure Investment.
3.   Software as a service, hal ini memfokuskan pada aplikasi denga Web-basedinterface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. contohnya Google Apps, SalesForce.com dan aplikasi jejaring social seperti FaceBook.

Kelebihan Cloud Computing
1.   Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
2.  Membuat operasional dan manajemen lebih mudah.
3.   Menghemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.
4.  Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
5.  Dapat menghemat waktu sehingga perusahaan dapat langsung focus ke profit dan berkembang dengan cepat.

 Kekurangan Cloud Computing
1.   Komputer akan menjadi lambat atau tidak dapat digunakan jika internet bermasalah atau kelebihan beban.
2.  Penyewa layanan cloud computing tidak dapat mengakses langsung ke sumber daya.
3.   Perusahaan akan mengalami kerugian besar jika server vendor rusak atau memiliki pelayanan backup yang buruk.

Menurut pendapat saya, cloud computing saat ini sedang berkembang dengan pesat. Pengguna cloud computing  pun sudah banyak. Tetapi seperti penjelasan diatas bahwa cloud computing memiliki keuntungan dan kelemahan yang beragam. Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan cloud computing. Dan untuk perusahaan-perusahaan kecil cukup sulit menggunakannya terhalang oleh sumber daya yang dibutuhkan cloud computing.

Referensi :

0 Comments:

Post a Comment