Jumat, 03 Mei 2013

Augmented Reality


Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda

maya tersebut dalam waktu nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda-benda maya dapat membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Selain menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, realitas tertambah juga berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah lapisan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakkan di atas gambar meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.
Augmented reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industry manufaktur. Augmented reality juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak seperti pada telepon genggam.
Menurut pendapat saya, kegunaan Augmented Reality sangat membantu pengguna, terutama bagi arsitek-arsitek yang akan membuat sebuah bangunan. Dengan menggunakan Augmented Reality akan diketahui apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah ruang atau tempat dan memposisikannya dengan sempurna.


Referensi :

0 Comments:

Post a Comment