Jumat, 18 Januari 2013

Tugas bahasa indonesia


Nama               : Anisya Alishina
NPM               : 10110885
Kelas               : 3KA03








 


Topik   Artikel             : Keamanan Sistem Informasi
Kerangka Artikel        :
A.    KEAMANAN SISTEM INFORMASI
-    Definisi Keamanan Sistem Informasi
-    Aspek Keamanan Sistem Informasi

B.     MASALAH KEAMANAN PADA SISTEM INFORMASI
-    Macam-macam Keamanan Sistem
-    Masalah Keamanan Sistem
-    Ancaman Aktif
-    Ancaman Pasif



KEAMANAN SISTEM INFORMASI



A.    KEMANAN SISTEM INFORMASI
Pada era perkembangan teknologi ini sistem informasi bertumbuh dengan sangat cepat. Saat ini keamanan sebuah informasi merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, karena jika sebuah informasi dapat diakses oleh pihak yang tidak memiliki hak dan tidak bertanggung jawab, maka keakuratan informasi tersebut akan diragukan.
Keamanan sistem informasi adalah proteksi perlindungan sumber-sumber fisik maupun konseptual yang meliputi data atau informasi dari bahaya pengaksesan yang dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki izin akses atas data atau informasi tersebut. Keamanan sistem informasi akan membatasi akses masuk kedalam jaringan komputer yang hanya dapat dilakukan oleh pihak yang membuat data atau informasi itu sendiri.
Keamanan sistem informasi memiliki 3 aspek utama, yaitu integritas (integrity), ketersediaan (availability) dan kerahasiaan (secrecy). Integritas (integrity) adalah sistem informasi harus memberikan atau menyediakan gambaran yang akurat mengenai sistem fisik yang mereka wakili agar sumber daya sistem tersebut hanya dapat dimodifikasi atau diakses oleh pihak-pihak yang terotorisasi. Ketersediaan (availability) adalah keamanan atas ketersediaan sumber informasi, sehingga hanya tersedia untuk pihak-pihak yang terotorisasi saat diperlukan. Sedangkan kerahasiaan (secrecy) adalah keterjaminan bahwa informasi yang ada didalam system informasi hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang terotorisasi dan modifikasi tetap terjaga konsistensi dan keutuhan data di sistem.

B.     MASALAH KEAMANAN PADA SISTEM INFORMASI
Keamanan pada sistem informasi memiliki 3 macam keamanan, yaitu keamanan eksternal, keamanan internal dan keamanan interface pemakai. Keamanan eksternal berkaitan dengan pengamanan fasilitas computer dari pihak yang menyusup kedalam jaringan ataupun bencana alam, seperti banjir, kebakaran atau bencana alam lainnya yang menyebabkan jaringan komputer rusak sehingga data atau informasi yang ada didalamnya tidak dapat diakses. Keamanan internal berkaitan dengan pengamanan kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem opersi yang menjamin operasi yang handal dan tak terkorupsi sehingga dapat menjaga integritas data atau informasi didalamnya. Keamanan interface pemakai berkaitan dengan identifikasi pemakai sebelum pemakai diijinkan untuk mengakses data atau informasi yang disimpan, contohnya user harus memasukkan password agar dapat mengakses data tersebut.
Masalah keamanan pada sistem informasi merupakan ancaman besar bagi pihak yang terotorisasi. Ancaman adalah aksi yang terjadi baik dari dalam sistem maupun dari luar sistem yang dapat mengganggu keseimbangan sistem informasi. Ancaman terhadap keamanan sistem berasal dari individu, organisasi, mekanisme atau kejadian yang dapat menyebabkan kerusakan pada sumber informasi tersebut.  Ancaman yang timbul dari kegiatan pengolahan informasi, yaitu ancaman pasif dan ancaman aktif.
Ancaman aktif merupakan ancaman yang dilakukan oleh pihak yang tidak terotorisasi, seperti pencurian data yang dilakukan oleh pihak lain dengan cara menembus sistem keamanan untuk mendapatkan data atau informasi, lalu pihak tersebut menggunakan data secara illegal dengan memodifikasi data atau informasi sehingga data tersebut menjadi tidak akurat ataupun merusak dan menghancurkan data atau informasi sehingga suatu sistem operasi komputer terhenti.
Ancaman pasif merupakan ancaman yang diakibatkan oleh kegagalan sistem yang dapat menyebabkan data tidak konsisten dan tidak berjalan dengan lancar sehinggadata tidak lengkap atau bahkan menjadi rusak. Selain itu, tegangan listrik yang tidak stabil dapat pula menyebabkan peralatan-peralatan komputer rusak atau terbakar. Bencana alam juga termasuk kedalam ancaman pasif, dikarenakan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, kebakaran atau bencana alam lainnya menjadi faktor yang tidak terduga yang dapat mengakibatkan sumber daya pendukung sistem informasi menjadi rusak dalam waktu singkat.


0 Comments:

Post a Comment