Rabu, 21 November 2012

TUGAS 3 BAHASA INDONESIA


CONTOH ARTIKEL :
1.   Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

2.  Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

TUGAS :

1.   Tentukan ragam bahasa artikel di atas!
2.  Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
3.  Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut. 
4.  Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.


JAWAB:
1.   Ragam bahasa pada artikel tersebut menggunakan Bahasa Baku dan Resmi  karena untuk setiap artikel ataupun karya tulis harus bersifat baku dan resmi. Contoh penggunaan bahasa baku dalam artikel tersebut adalah :
Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda.”

2.  Diksi ( pilihan Kata )
a)  user interface adalah tampilan antar muka pengguna. User interface berfungsi sebagai mediator antara user dengan komputer.
b) dashboard adalah Ruang kontrol.
c)  switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan
d)  electronic imaging adalah  suatu sistem fotografi menggunakan sensor ditempat sebelah lensa kamera untuk menerjemahkan gambar.
e)  integrasi adalah Berhubungan satu dengan yang lain.
f)  computer grafis adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.
g)  scanner adalah Suatu alat yang berfungsi untuk menyalin yang kemudian hasilnya akan ditransfer ke PC

3.  kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat)
a)     Pada Kalimat pertama no 1 
     "Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.” 

Untuk kalimat diatas apabila ingin menggunakan kata tanya misalnya “apa ” harus diakhiri oleh tanda tanya atau jika tidak ingin menggunakannya kata tanya bisa dihapus dan sebelum kata “yakin ” tidak menggunakan tanda koma, sehingga kalimat barunya
Pertama kali yang ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface) yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.”

b)    Artikel ke 2
·      ... diproses oleh computer. “ , “ ... ditransmisikan ke computer lain. “ dan ... dan computer grafis...   sebaiknya kata computer diganti dengan komputer.
·      ...dunia industry baru.. ” menjadi industri
Baris ke 3
Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain.
Mungkin sebaiknya koma diganti dengan kata penghubung
Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh komputer kemudian ditampilkan di monitor lalu disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain.

4. Topik dalam artikel
    Artikel 1 : Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.
Opini artikel 1 :
Disini dijelaskan fungsi dari layar monitor sebagaimana peranannya memudahkan pengguna untuk menggunakan komputer. Layar monitor juga teramasuk komponen terpenting untuk menjalankan komputer tanpa adanya monitor komputer tak memiliki fungsi.
Dari segi penulisan lebih baik kata “yakni” diganti dengan kata “yaitu”  dan pada kata “jembatan” seharusnya “penghubung”.

    Artikel 2 : Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.
    Opini artikel 2 :
Jadi salah satu kalimat dari artikel 2 ini, menjelaskan tentang bagaimana scanner atau scanner optic berfungsi dengan menggunakan alat sensor cahaya (optic). Tapi seharusnya disni juga seharusnya di tambahkan komputer sebagai komponen terpenting dalam menggunakan scanner tersebut. Fungsi dari scanner seharusnya bukan penterjemah tapi seharusnya, membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar.
Dari segi penulisan lebih baik mungkin sebelum kata “untuk” di sisipkan kata “berfungsi”.

0 Comments:

Post a Comment