Selasa, 12 November 2013

Apa itu Web Browser dan Bagaimana Cara Kerja Web Browser?


Web browser atau internet adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web atau Blog yang ada di internet. 
Pada mulanya web browser hanya berorientasi pada teks saja. Namun, saat ini web browser dapat pula menampilkan file multimedia seperti video dan audio. Browser  juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper  Text Markup Language) sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output informatif.
Browser digunakan oleh para pengguna internet agar dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah.

A.   Cara Kerja Web Browser
Aplikasi web browser akan mengambil atau mendownload kode yang biasanya ditulis dalam HTML (Hyper  Text Markup Language) atau dengan bahasa pemrograman lain dari server web, kemudian menterjemahkannya menjadi teks atau gambar dan menampilkannya ke layar browser. Alamat web atau URL (Uniform Resource Locator) yang di ketik ke bar alamat browser, maka browser akan menampilkan halaman web yang di inginkan.
Web browser saat ini dikenal dalam beberapa jenis, diantaranya yang paling terkenal adalah : MOZILLA FIREFOX, OPERA, INTERNET EXPLORER, SAFARI dan GOOGLE CHROME.
Untuk analoginya sebagai berikut :

Keterangan: 

1)      USER/Netter yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web browser,
2)      Kemudian Web Browser tersebut mengirimkan permintaan/request berupa HTTP REQUEST kepada Web Browser melalui layer-layer TCP/IP,
3)      Kemudian Web Server memberikan WEB FILES yang di-request jika ada,
4)      Web Server memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP RESPONSE (melalui layer-layer TCP/IP),
5)      Kemudian baru di terima oleh Web Browser dan kemudian dikirimkan kepada USER berupa DISPLAY.

Contoh nyatanya seperti seorang mahasiswa ingin membuka sebuah web, kemudian dia akan mengetikkan alamat URL web tersebut pada address bar dii browsernya. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protokol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protokol, protokol yang biasa digunakan adlaah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun, jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server, maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan. 




Daftar Pustaka

[1]   http://dahlan.unimal.ac.id/files/modul-web/JENI-Web%20Programming-Bab%2011-Web%20Security.pdf
[2]   telecom.ee.itb.ac.id/~tutun/ET7053/5.ppt
[3]   http://agustinehana.blogspot.com/2012/11/bentuk-ancaman-keamanan-dari-web-browser.html
[4]   http://www.mlarik.com/2013/07/sekilas-tentang-web-browser-dan-cara-kerjanya.html
[5]   http://nana-afrina.blogspot.com/2011/04/pengertian-web-browser-penjelasan-serta.html
[6]   http://ilmukomputerplus.blogspot.com/2010/12/definisi-dan-cara-kerja-web-browser.html?m=1
[7]   http://mayangadi.blogspot.com/2013/01/kemanan-web-browser.html?m=1

0 Comments:

Post a Comment