Rabu, 05 Juni 2013

10 MAKANAN RINGAN ASAL KOREA SELATAN


Seperti yang sudah di posting sebelumnya mengenai 10 masakan khas Korea Selatan, maka di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 10 makanan ringan yang berasal dari Korea Selatan. 

1)     Bungeoppang (붕어빵)
Bungeoppang (붕어빵) atau biasa disebut dengan roti ikan mas adalah nama Korea untuk Taiyaki (kue Jepang yang berbentuk ikan dan berisikan pasta kacang merah yang manis dan dipanggang dalam cetakan berbentuk ikan). 

2)     Gukwa-ppang (국화빵
Gukwa-ppang (국화빵) hampir sama dengan bungeoppang, tetapi gukwa-ppang berbentuk seperti bunga. 

3)     Gyeran-ppang (계란빵
Gyeran-ppang (계란빵) atau yang biasa disebut dengan roti telur yang berbentuk persegi, elips atau lingkaran yang diberi satu butir telur diatasnya dan dipanggang hingga matang.

4)     Hotteok (호떡)

Hotteok adalah sejenis pancake, namun diisi dengan sirup, seperti gula merah, madu, kacang parut dan kayu manis. Hotteok biasa dijual pada saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh.

5)     Songpyeon (송편)
Songpyeon adalah kue beras lembut yang disajikan pada hari raya Chuseok (festifal panen). Songpyeon berisi madu, manisan atau kacang merah.

6)     Tteok ()

Tteok adalah kue yang terbuat dari tepung beras (메떡, metteok), nasi ketan yang ditumbuk (찰떡,chaltteok), atau nasi ketan tanpa ditumbuk (약식,yaksik). Tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru Korea. Tteok dibuat dengan cara yang berbeda, ada yang dikukus, direbus, ditumbuk atau ditumis. Tteok tradisional dibuat dengan cara dikukus dan disebut sirutteok (시루).

7)     Yaksik (약식)
Yaksik adalah kue yang terbuat dari beras manis yang tidak ditumbuk dan diberi irisan kacang chestnut, kacang cemara dan jujube diatasnya. Yaksik dimakan pada 15 Januari dari kalender tahun baru imlek. Namun, sekarang yaksik juga dimakan pada beberapa hari libur Korea lainnya.

8)     Hahngwa (한과)
Hahngwa adalah paket kue tradisional yang berisikan kue-kue yang terbuat dari tepung, biji-bijian, madu, buah-buahan atau akar-akaran yang dapat dimakan.

9)     Chapssaltteok (찹쌀떡)
Kue ini hampir sama dengan mocha yang biasa kita temui hanya saja varian isinya yang berbeda. Chapssaltteok berisikan pasta kacang manis, sedangkan yang biasa ditemui di Indonesia berisikan kacang hijau.

10)  Maejakgwa (매작과)
kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, minyak sayur, kayu manis, jahe , jocheong dan kacang cemara.





Referensi :

0 Comments:

Post a Comment