Jumat, 12 Juli 2013

BLSM : Demi Rakyat atau Demi Partai Politik




BLSM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat) adalah program pemberian bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam rangka kompensasi kenaikan harga BBM. Saat ini BLSM yang diberikan oleh pemerintah kurang lebih sebesar Rp 300.000,- selama 6 bulan terhitung setelah terjadinya kenaikan BBM.
Tetapi, pemberian BLSM ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak warga miskin yang tidak mendapatkan kartu tanda untuk mengambil BLSM, bahkan ada pula warga yang memiliki kartu ganda. Banyak warga yang seharusnya dapat BLSM, tetapi mereka tidak mendapatkannya dan sebaliknya. Pemberian BLSM ini tidak ada pemberitahuan kepada ketua RT/RT, kepala desa atau pimpinan daerah tersebut lainnya.
Pembagian BLSM disangkut pautkan dengan kepentingan partai politik. Sehingga banyak mahasiswa-mahasiswa yang melakukan demo atas ketidakadilan Pemerintah terhadap masyarakat, khususnya warga miskin.
“BLSM tidak terlepas dari kepentingan partai penguasa yakni Partai Demokrat. Sebab kebijakan BBM diputuskan Presiden SBY yang sebelumnya sudah menyiapkan anggarannya dalam APBN-P 2013,” kata Akbar Tanjung, Ketua Dewan Pertimbangan (WanTim) Partai Golkar di sela diskusi yang bertema “Setelah Kenaikan BBM : Dampaknya di Bidang Ekonomi dan Politik” di AT Institute, Jakarta, rabu (3/7).





Referensi :

0 Comments:

Post a Comment