Jumat, 12 Juli 2013

Kenaikan Harga BBM dan Daya Beli Masyarakat



Seiring dengan adanya kenaikan harga BBM, sehingga memicu kenaikan bahan-bahan pokok atau produk lainnya. Pada saat ini harga bahan pokok melonjak naik, dikarenakan adanya kenaikan BBM dan berdekatan dengan bulan suci Ramadhan.
Kenaikan harga BBM pun mengakibatkan pergerakan ekonomi global yang kurang stabil dan membuat ekonomi Indonesia mengalami guncangan. Hal tersebut, ditandai dengan bergeraknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), dan terkoreksinya pasar saham.
Harga BBM yang melonjak drastis, mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi kurang. Banyak masyarakat kurang mampu yang tidak dapat membeli BBM dengan harga mahal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menjelaskan bahwa Pemerintah menyadari langkah untuk menaikkan harga BBM akan berdampak pada inflasi serta terganggunya daya beli masyarakat berpenghasilan rendah. “Ini adalah pilihan yang amat sulit dan merupakan alternative terakhir,” kata Hatta Rajasa dalam konferensi pers di kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (21/6) malam.





Referensi :

0 Comments:

Post a Comment