Kamis, 21 Maret 2013

Etika Berinternet


Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani Kuno adalah “Ethikos” yang berarti “timbul dari kebiasaan” adalah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standard an penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab.
Pada kehidupan manusia sehari-hari juga harus memiliki etika yang baik, seperti dalam berbicara atau berinteraksi dengan sesama dan bertingkahlaku. Etika orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua darinya itu mengartikan bahwa kita menghormati orang yang lebih tua dan tidak melakukan hal negatif.  
Etika tidak hanya dalam berbicara tetapi juga dalam menulis, misalnya ketika kita mengakses internet dan menulis pesan kepada teman pun harus memiliki batasan etika berinternet. Batasan-batasan dalam berinternet, sebagai berikut :
·         Tidak menggunakan huruf Kapital pada penulisan, dikarenakan penggunaan karakter huruf dapat menggambarkan suasana hari si penulis. Penggunaan huruf Kapital mencerminkan bahwa penulis sedang dalam suasana hati yang tidak baik, emosi, marah ataupun berteriak. Tetapi adapula huruf Kapital digunakan untuk menegaskan suatu kata pada sebuah kalimat.
·         Penggunaan tanda kutip (“ “) yang digunakan seperlunya dan tidak berlebihan.
·         Fakta penulisan, informasi-informasi yang dituliskan pada sebuah web atau blog harus akurat dan sesuai dengan kenyataan mengenai informasi tersebut, sehingga apa yang dituliskan berdasarkan kebenaran dan bukan kebohongan belaka.
·         Jujur dalam mencantumkan sumber informasi yang dikutip dalam penulisan, sehingga kita tidak hanya copas (copy-paste) dari sumber tersebut tanpa mencantumkan link (apabila mengutip dari internet) atau nama pengarang (apabila mengutip dari buku). Maka, kita tidak akan disebut plagiat tulisan orang lain.
·         Sopan dalam berkomentar atau mengajukan pertanyaan.
·         Hindari pembicaraan yang tidak sesuai dengan apa yang sedang dibahas.
·         Hindari perdebatan mengenai informasi yang di posting.


Referensi :

0 Comments:

Post a Comment