Kamis, 21 Maret 2013

UBUNTU 12.10 Vs WINDOWS 8


A.   UBUNTU 12.10
Ubuntu berasal dari filosofi Afrika Selatan yang mempunyai arti rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia. Ubuntu adalah salah satu sistem operasi varian Linux yang  berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dan dapat dikatakan paling User Friendly. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia dan telah dipakai secara luas.
Pada 18 Oktober 2012, Ubuntu 12.10 resmi diluncurkan dan dapat diunduh di situs resmi Ubuntu. Ubuntu 12.10 menggunakan nama Quantal Quetzal yang merupakan rilis ke-17 dari sistem operasi Ubuntu yang akan mendapatkan dukungan selama 2 tahun ke depan hinggal April 2014. Dukungan ini berlaku bagi versi desktop maupun server.
Untuk pertama kalinya, Ubuntu tidak menghadirkan versi Live CD karena ukuran terkecil yang dapat diunduh melebihi kapasitas sekeping CD yang hanya 700 MB, sedangkan versi desktop 32-bit yang terkecil memiliki ukuran 753 MB.
Selain Ubuntu Dekstop dan Server, Quantal Quetzal hadir pula ke dalam beberapa edisi yang dirilis secara resmi yaitu Ubuntu Cloud Server, Ubuntu ARM, Ubuntu Netboot, Ubuntu Core, Ubuntu Studio, Edubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu dan Mythbuntu.
                                                            Tampilan Ubuntu 12.10


B.   WINDOWS 8
Windows 8 adalah versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem informasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server dan PC pusat media. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.